//
you're reading...
Sport Science

Suplemen Olahraga

Selain dari suplemen makanan yang kita kenal seperti suplemen gizi dan non gizi yang bisa berbentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, bubuk, atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap untuk menjaga vitalitas tubuh, ada juga yang disebut suplemen olahraga. Suplemen ini berfungsi untuk menunjang kegiatan olahraga dengan efek yang berbeda-beda pada setiap jenis suplemen. Beberapa efek yang ditimbulkan adalah untuk menambah energi, membentuk tubuh atau mengencangkan otot (Anonim1 2009).
Suplemen bukanlah obat. Obat adalah zat kimia yang digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit dan meringankan rasa sakit diderita. Obat merupakan zat yang cukup keras bekerja bagi tubuh dan seringkali mempunyai efek samping bermacam-macam. Oleh karena itu, pemakaian obat harus dengan resep dokter. Sedangkan suplemen sebagian besar bekerja sebagai tambahan gizi selain makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Suplemen juga merupakan zat yang membantu mengoptimalkan hormon dan fungsi tubuh (Anonim2 2009).
Suplemen tidak bekerja seperti obat. Suplemen bertujuan untuk membantu tubuh bekerja secara maksimal. Bahan di dalam suplemen tidak ada yang mengandung adiktif atau zat yang dapat membuat seseorang ketagihan (Anonim2 2009).

Alat bantu ergogenik dapat dipakai dalam berbagai cara, apakah memperlancar produksi energi melalui tiga sistem energi manusia atau mengoptimalisasi aplikasinya untuk olahraga. Berkenaan dengan hal tersebut alat bantu ergogenik dapat dikelompokkan ke dalam lima kategori, yaitu alat bantu mekanik atau biomekanik, alat bantu farmakologi, alat bantu fisiologi dan alat bantu gizi (Riyadi dkk. 2007).
Suplemen olahraga dapat berfungsi sebagai alat bantu farmakologi, alat bantu fisiologi dan alat bantu gizi. Alat bantu gisiologis secara teoritis dimaksudkan mempengaruhi secara langsung proses-proses fisiologi tertentu yang penting bagi olahraga. Salah satu alat bantu fisiologi yang paling berhasil adalah doping darah, yaitu menambah darah atau dalam istilah teknis dikenal dengan induksi arythrocythemia. Beberapa prosedur dapat digunakan, tetapi yang paling aman adalah teknik autologus transfusion. Suplemen besi, yang sering dipertimbangkan sebagai alat bantu ergogenik gizi, diklasifikasikan sebagai alat bantu fisiologi (Riyadi dkk. 2007).
Alat bantu ergogenik psikologi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum. Pertama sebagai pembangkit energi psikologi yang dimaksudkan memaksimalkan produksi energi, yang kerjanya kemungkinan mirip dengan obat-obat jenis stimultan. Kedua sebagai penenang psikologi yang secara teoritis dinyatakan memberikan pengaruh menenangkan sehingga membantu mengurangi taraf kecemasan dalam olahraga (Riyadi dkk. 2007).
Secara teoritis terdapat alat batnu ergogenik gizi pada setiap kelas zat gizi dari enam kelas utama zat gizi. Para atlet pada umumnya sudah biasa menggunakan suplemen dari hampir semua zat gizi dalam usahanya memperbaiki penampilan fisik. Sebagai contoh, senyawa karbohidrat tertentu sudah diketahui membantu penyerapan dan utilisasi karbohidrat selama latihan (Riyadi dkk. 2007).
Berikut beberapa contoh jenis suplemen olahraga yang terdapat secara bebas di pasaran:
1. Minuman Isotonik

Manfaat : mengganti cairan, energi dan elektrolit tubuh yang hilang. Komposisi minuman ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tekanan darah manusia. Dengan demikian, begitu minuman diteguk dalam sekejap dapat terserap oleh tubuh. Karena yang sifatnya mengosongkan perut dan memiliki daya serap tinggi didalam usus. Umumnya komposisi terbesar minuman isotonik tetaplah air (hingga 98%). Dua persen lainnya barulah terdiri dari ion NaCl (Natrium klorida), KP (kalium fosfat), Mg (magnesium sitrat), dan Ca (kalsium laktat), yang berfungsi mengganti elektrolit tubuh yang hilang.
Dampak : Minuman isotonik biasanya mengandung asam nitrat. Karena itu mengonsumsinya tidak boleh sembarangan. Seluruh asam memiliki sifat erosif dan dapat berpengaruh pada gigi serta lambung. Karena itu, sebaiknya konsumsi secepat mungkin, dan menggunakan sedotan, serta tidak ditahan atau dipakai berkumur. Selain itu, sebelum dikonsumsi sebaiknya didinginkan dulu di lemari es. Selain rasanya lebih segar, minuman yang didinginkan dapat mengurangi kemungkinan erosi pada tubuh. Selain itu, dalam keadaan dingin, zat-zat yang terkandung di dalamnya lebih cepat diserap saluran pencernaan. Untuk wanita hamil dan mereka yang usia lanjut, tidak masalah kalau ingin mengonsumsi minuman kesehatan ini, sejauh tidak berlebihan. Kelebihan kalium akan berpengaruh pada metabolisme tubuh dan menimbulkan efek jantung berdebar kencang.

2. Minuman Berenergi
Manfaat:Tubuh mendapat sumber energi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Dalam minuman energi, yang menjadi sumber energi adalah kabohidrat, karena lemak dan protein biasanya tidak enak rasanya bila diminum. Minuman energi juga ada yang ditambahkan vitamin dan mineral. Adanya kedua zat ini membuat pembentukan energi dalam tubuh bisa optimal.
Dampak: Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jika terjadi perubahan drastis dalam tubuh. Misalnya setelah minum minuman energi, tubuh jadi jauh lebih bersemangat atau tidak capek, meski telah melakukan banyak aktivitas. Hal ini bisa merupakan efek dopping. Jika benar begitu, bisa berbahaya. Tanpa sadar tubuh terus dipaksa bekerja keras. Akibatnya, fungsi organ-organ penting( seperti ginjal, hati, jantung) bisa terganggu.

3. Suplemen Creatine
Manfaat: Untik menambah tenaga ke sel-sel otot, sehingga membentuk otot agar terlihat berat. Biasanya, jenis suplemen ini diminati kaum pria yang ingin memiliki tubuh kekar.
Dampak:Jika dikonsumsi sesuai anjuran dan takaran yang tepat, tidak akan menimbulkan masalah. Pada pemakaian normal, zat ini tidak menimbulkan efek samping. Namun bila melebihi dosis dan tidak diimbangi latihan yang benar, dapat membahayakan ginjal karena banyak menyerap cairan tubuh. Padahal creatine alami bisa didapat dari makanan sehari-hari, terutama daging merah, dan ikan, walau dalam jumlah sedikit.

4. Suplemen Hormon (berbentuk susu protein)
Manfaat: Menambah tenaga dan membentuk otot tubuh. Selain berbentuk susu, suplemen ini ada pula yang berbentuk kapsul dan tablet, kebanyakan untuk jenis suplemen yang bersifat memengaruhi hormon.
Dampak: Sebaiknya, penggunaan suplemen ini sesuai petunjuk dokter. Pasalnya, jika tidak disertai pengetahuan yang benar tentang pemakaiannya, bisa membahayakan kesehatan. Sebab suplemen ini bekerja memengaruhi hormon. Kasus yang pernah terjadi, yaitu berpengaruh pada kerja jantung. Bahan-bahan dalam suplemen tersebut memacu kerja jantung menjadi lebih cepat, bisa juga menimbulkan stroke.
(Anonim1 2009)

Istilah doping tentu sudah tidak asing di kalangan olahragawan. Doping sering digunakan, terutama oleh altet, untuk meningkatkan performa. Dalam penggunaannya, doping dibagi menjadi 2 kategori besar yaitu:

• Doping yang dipakai pada saat dan sebelum kompetisi
Terdiri dari :
o Anabolic Androgenic Steroids (AAS)
Mekanisme : meningkatkan efek anabolik seperti meningkatkan kekuatan dan massa otot. Doping jenis ini digunakan atlet untuk meningkatkan massa otot dalam waktu singkat.
Contoh : steroid (drostanolone, metenolone, nandralone dan oxandrolone); steroid endogen (dehydroepiandrosterone (DHEA) dan testosterone); steroid lain (clenbuterol, tibolone [Livial], zeranol, zilpaterol).
o Hormon
Mekanisme : Hormon digunakan untuk stimulasi fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, kelakuan, sensitivitas terhadap rasa sakit. Hormon digunakan atlet untuk meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot serta menigkatkan produksi sel darah merah untuk meningkatkan suply oksigen.
Contoh : erythropoietin (EPO), human growth hormones, insulin, corticotrophins, luteinizing hormone(LH), human chorionic gonadotrophin (hCG), ACTH.
o Agonis Beta 2
Mekanisme : Beta 2 biasa digunakan untuk obat asma dengan merelaksasi otot bronkus sehingga udara yang masuk meningkat. Keuntungan Beta 2 adalah sebagai stimulan dan bila dimasukkan ke peredaran darah memiliki efek seperti steroid anabolik. Beta 2 digunakan atlet untuk meningkatkan ukuran otot dan mengurangi lemak.
Contoh : salmeterol, salbutamol, terbutaline, formoterol, bambuterol, reproterol.
o Agen dengan aktivitas anti-estrogen
Mekanisme obat yang menghambat efek estrogen akan memberikan negative feed back bagi hipotalamus untuk melepaskan GnRh. Doping ini digunakan untuk mengurangi efek anabolik steroid seperti gynaecomastia dan meningkatkan produksi testosteron.
Contoh : clomiphene, cyclofenil, finasteride [Proscar]. raloxoifine [Evista], tamoxifen
o Diuretik
Mekanisme : meningkatkan produksi urin sehingga mengurangi berat badan dan menutupi penggunaan doping karena dikeluarkan melalui urin.
Contoh : epitestosterone, dextran, diuretics, probenecid
o Suplemen nutrisi
Mekanisme : menyediakan ATP (energi) bagi otot. Digunakan atlet untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan.
Contoh : asam amino, L-karnitrin, kreatin, gliserol, piruvat

• Doping yang digunakan hanya pada saat kompetisi
o Stimulan
Mekanisme : Stimulan merupakan obat yang meningkatkankewaspaan dan aktivitas fisik melalui peningkatan detak jantung dan pernafasan serta fungsi otak (mempengaruhi sistem saraf sehingga menstimulasi mental dan fisik tubuh). Stimulan digunakan atlet untuk mengurasi rasa lelah, meningkatkan kewaspadaan mental, konsentrasi, kecepatan, tenaga, daya tahan, konsentrasi
Contoh : kafein, adrafinil, kokain, modafinil, pemoline, selegiline, adrenalin, methylphenidate [Ritalin].
o Analgesik golongan narkotik
Mekanisme : Analgesik narkotik digunakan biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit menekan pusat rasa sakit di otak. Obat ini digunakan atlet untuk mengurasi rasa sakit bila terjadi cedera, mengurangi rasa gelisah, juga digunakan agar atlet dapat berlatih lebih keras dan lama
Contoh : buprenorphine, dextromoramide, heroin, morphine, pethidine
o Kanabinoid
Mekanisme : kanabinoid berasal dari tanaman ganja yang menimbulkan rasa relaks. Kanabinoid digunakan atlet untuk meningkatkan pemulihan setelah olah raga
Contoh : hashish, hashish oil, marijuana
o Glukokortikosteroid
Mekanisme : Glukokortikoid secara umum digunakan sebagai obat antiinflamasi dan mengurangi rasa sakit, biasa digunakan sebagai obat asma, demam, inflamasi jaringan, reumatoid artritis. Glukokortikoid digunakan atlet untuk menghasilkan perasaan euphoria dan mengurangi rasa sakit saat cedera.
Contoh : dexamethasone, fluticasone, prednisone,triamcinolone, acetonide.

Penggunaan doping telah dilarang karena dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan tubuh dan tentunya dapat menyebabkan kematian. Pengunaan doping juga merupakan salah satu bentuk kecurangan dalam kompetisi.

Mitos Seputar Suplemen Olahraga
Salah satu dasar untuk mempertahankan kondisi tertinggi fisik dan prestasi olahraga adalah gizi yang optimal. Kondisi ini didefinisikan tidak dengan meningkatkan makan yang banyak tetapi intake gizi yang cukup untuk mempertahankan seseorang dalam kondisi fisik maksimal.
Namun dalam praktek sehari-hari banyak para atlet dan pelatih kurang memahami tentang makanan dan minuman yang kalau dikonsumsi akan memberikan kekuatan yang luar biasa. Berikut ini akan dibahas tentang mitos makanan dan minuman yang melanda berbagai atlet berprestasi baik yang dikonsumsi di dalam maupun di luar pemusatan latihan.
Umumnya atlet yang biasa menggunakan suplemen beranggapan bahwa sedikit sudah baik, kalau banyak tentu akan lebih banyak lagi. Dalam hal ini mereka tidak cukup mengetahui tentang bagaimana vitamin bekerja dan beraksi di dalam tubuh. Vitamin kalau dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan toksis.
Misalnya Vitamin B6 yang dikonsumsi lebih dari 1 gram/hari dalam jangka berbulan-bulan dapat berakibat hilangnya koordinasi otot dan paralysis, terlalu banyak vitamin dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, batu ginjal dan diare. Pada umumnya bila dosis lebih besar dari 10 kali lipat kebutuhan dianggap sebagai megadosis dan hanya diminum di bawah pengawasan dokter. Pada megadosis, dalam sistem enzim pada tubuh kita berfungsi sebagai katalisator tetapi karena terlalu banyak sebagian lagi berfungsi sebagai suatu zat kimia atau tidak lagi sebagai zat gizi.
Orang-orang menggunakan suplemen karena merasa bahwa menu makanannya miskin dan zat-zat gizi lebih banyak daripada orang lain karena keadaan tertentu misalnya perokok berat, stres dan lain-lain. Pada keadaan yang kurang menguntungkan ini terjadi penghambatan sekresi atau kinerja enzim yang membuat sistem metabolisme kurang efisien. Atau dengan kata lain apabila tubuh menggunakan dengan zat-zat gizi dalam percepatan yang tinggi, maka orang tersebut membutuhkan zat-zat gizi tertentu dalam jumlah banyak yang belum tentu dapat disuplai hanya dari makanan. Jika Anda sudah terbiasa dengan suplemen yang terbuat dari bahan alami.
Natrium adalah mineral yang jumlahnya di dalam tubuh paling banyak bila dibandingkan dengan zat-zat mineral lainnya. Para pelatih profesional sering menasehatkan untuk meminum tablet Nacl pada sebelum, selama dan sesudah kompetisi. Atlet yang secara rutin terlatih mengeluarkan natrium dan potassium melalui keringat. Tetapi badan sudah pula terlatih bagaimana mempertahankan garam di dalam tubuh secara efisien sehingga yang hilang di dalam keringat hanya sedikit. Yang dibutuhkan oleh atlet yang berkeringat bukan air plus mineral tetapi cukup air saja. Jika atlet diajurkan minum tablet garam akan berbahaya buat kesehatan yang bersangkutan.
Sport drink mengandung gula artificial sebagai pemanis, glukosa, garam dan air. Di iklankan bahwa minuman ini lebih cepat masuk ke dalam peredaran darah daripada air biasa untuk segera dapat menyediakan energi. Hasil penelitian membuktikan justru sebaliknya dimana sport drink masuk ke dalam peredaran darah lebih lambat daripada air biasa. Jadi sesungguhnya yang dibutuhkan atlet adalah air atau lebih banyak air bukan sport drink (Sean 2008).

Cara Memilih Suplemen yang Baik
Karena pasar pengguna supplemen di seluruh dunia semakin besar, termasuk Indonesia, dan persaingan antara pengusaha suplemen baik pabrik farmasi lokal, farmasi luar negeri, dan importir makin kompetitif untuk meningkatkan pendapatannya dengan berbagai cara (mungkin dengan cara halal atau mungkin pula haram dan tidak mempunyai etika), kadang kita sulit untuk memilih suplemen yang baik. Berikut adalah beberapa saran untuk dipertimbangkan sebelum membeli supplemen.
• Sesuaikan pembelian suplemen dengan dana pribadi. Sebaiknya kita menggunakan suplemen setelah kebutuhan makan normal sehari-hari terpenuhi sesuai standar kita pencinta latihan beban. Misalnya akan lebih baik untuk membeli vitamin lokal dan telur dalam jumlah cukup (misalnya persediaan untuk 10 butir sehari selama 1 bulan) dan susu rendah lemak lokal daipada membeli protein powder impor dari luar negeri tapi sehari-harinya hanya sanggup makan 3 butir putih telur ditambah nasi. Bila kita tidak mempunyai masalah dengan pendanaan, kita dapat menggunakan merek dari luar negeri yang dapat dipercaya
• Pilihlah suplemen berdasarkan kepentingan, mulailah dengan suplemen dasar yaitu multivitamin dan multimineral serta asam lemak esensial, setelah itu beralih ke suplemen lain.
• Jangan terpengaruh dengan iklan. Banyak iklan dimaksudkan untuk membujuk kita membeli produk tertentu dengan janji kita akan mempunyai fisik seperti bintang iklannya. Hal ini terjadi di banyak majalah fitness dari luar negeri.
• Periksalah tanggal kadaluarsa pada label. Sebaiknya memilih suplemen yang batas waktu kadaluarsa 1-2 tahun di muka. Cari keterangan tentang perusahaan food suplemen baik pengusaha lokal atau importir tentang kualitas barang yang dijual. Bila kita menemui ada salah satu merek tidak sesuai jumlahnya antara yang tercantum dalam label dan isis dalam botolnya, atau isi dalam botol tidak sesuai dengan merek bungkusnya atau terbukti menjual barang kadaluarsa atau tidak tercantum ijin departemen kesehatan, maka hindari membeli suplemen dari perusahaan tersebut baik lokal maupun importir.
• Untuk membantu melakukan pemilihan suplemen berikut urut-urutan suplemen berdasarkan kepentingan :
Suplemen dasar : vitamin, mineral, asam lemak essensial.
Suplemen untuk menambah performa latihan : kreatin, protein powder, antioksidan khusus (vitamin C, E, beta-karotene, selenium).
(Anonim3 2009)

Discussion

2 thoughts on “Suplemen Olahraga

  1. Wow! This could be one particular of the most helpful blogs We’ve ever arrive across on this subject. Actually Magnificent. I am also a specialist in this topic therefore I can understand your effort.

    Posted by Aria | February 8, 2014, 8:08 pm
  2. Kami CNI Malang menyediakan makanan kesehatan (ester c, sun chlorella, royalzim dsb), makanan dan minuman (ginseng coffee, up cocoa, up green tea dsb), perawatan diri dan kecantikan (nutrimoist, white magic, ires dsb), peralatan rumah tangga (kompor infrared, blender, sabun cuci SC88 dsb) dan pertanian (plant katalis, plankton katalis dsb).
    Alamat kami :
    Jl. Arif Margono 10, Malang
    Tlp : 0341-364749
    Hp : 08980319838

    Posted by Daniel | March 30, 2016, 8:51 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Arsip

Categories

Blog Stats

  • 162,011 hits

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

%d bloggers like this: